Nama Latin Tanaman Padi

Latinusname - Berdasarkan klasifikasi ilmiah, tanaman padi termasuk dalam dunia / kingdom Plantae, jenis / genus Oryza, keluarga / family Poaceae, ordo Poales, dan termasuk dalam spesies Sativa. Sebelum kita mengetahui nama latin tanaman padi, ada baiknya kita pahami dulu tentang apa itu tata nama binomial.

Tata nama binomial atau binomial nomenklatur adalah aturan penamaan baku untuk semua jenis makhluk hidup atau organisme di dunia yang terdiri dari dua nama (binomial sendiri mempunyai arti dua nama) dengan mengambil nama genus dan nama spesies makhluk hidup tersebut. Aturan tata nama binomial sendiri pertama kali disusun oleh Carolus Linnaeus. Jadi berdasarkan definisi aturan tata nama binomial diatas, maka kita bisa mengetahui nama latin tanaman padi adalah Oryza sativa.

Daerah asal tanaman padi sendiri disinyalir berasal dari India, dan kemudian tanaman padi tersebut dibawa ke Indonesia oleh nenek moyang kita sekitar tahun 1500 sebelum masehi. Tanaman padi merupakan salah satu makanan pokok beberapa negara termasuk negara kita Indonesia.

gambar tanaman padi atau oryza sativa, latinusname
Gambar 1. Tanaman padi atau Oryza sativa

Sekarang kita tahu tentang nama latin tanaman padi berdasarkan aturan tata nama binomial atau binomial nomenklatur yang disusun oleh Carolus Linnaeus diatas. Postingan berikutnya akan membahas tentang nama latin binatang atau tumbuhan. Jadi tetap stay tune ya. Walaupun cuma sedikit, namun lebih baik belajar memahami sedikit demi sedikit namun ilmunya bisa di ingat selamanya dari pada belajar banyak sekaligus, namun besoknya lupa. Semoga bermanfaat.